Membuat Database Web dengan MySQL


MySQL merupakan database yang umum digunakan dalam sebuah website atau aplikasi web. MySQL adalah RDMBS yang bersifat open source, free untuk Anda gunakan dan dapat juga berjalan di Windows maupun Linux.

Untuk menggunakan database MySQL Anda dapat mendownloadnya di website resminya http://www.mysql.com atau Anda dapat mendownload paket MySQL dalam XAMPP di http://www.apachefriends.org/en/xampp.html. Untuk belajar menggunakan databse MySQL saya rekomendasikan Anda mendownload XAMPP Portable Lite dalam bentuk 7zip yang lebih kecil sehingga nanti Anda dapat langsung menjalankannya tanpa perlu menginstall.

Setelah Anda donwload paket XAMPP Portable Lite, jalankan file xampp-control.exe untuk membuka XAMPP Control Panel lalu click tombol Start Apache dan MySQL untuk menjalankan service Web Server Apache dan Database Server MySQL.

XAMPP Control Panel

XAMPP Control Panel

Setelah itu buka Web browser Anda lalu ketik alamat: http://localhost/phpmyadmin/
maka akan terbuka PHPMyAdmin,  yakni tools yang sudah dipaket dalam XAMPP dan biasa digunakan untuk mengakses database MySQL.

Dengan PHPMyAdmin kita bisa membuat/create, melihat/read, mengubah/update, dan menghapus/delete, CRUD, database MySQL dengan mudah.

Nah… kita akan coba membuat sebuah database bernama “login_student” dengan struktur data sebagai berikut:

Struktur Data Tabel Login

Struktur Data Tabel Login

Berikut langkah-langkah untuk membuat database “login_student” di MySQL:

1. Pada halaman home PHPMyAdmin, click tab Databases lalu masukan nama database login_student lalu click tombol Create maka akan terbentuk database login_student.

Create DB MySQL

Create DB MySQL

2. Buka database login_student dengan meng-click daftar database di sebelah kiri lalu buatlah tabel “tabel_login_student” dengan jumlah kolom 11 seperti pada struktur data di atas.

Create Tabel Login Student

Create Tabel Login Student

3. Isilah nama kolom dan tipe datanya. Jika null di centang artinya kolom ini boleh kosong/tidak ada data, jika tidak dicentang atau not null artinya kolom ini harus ada data, jika tidak maka akan error pada saat insert record. Kolom id diberikan centang pada A_I (auto increament) artinya kolom id akan secara otomatis berisi angka berurutan pada saat insert record, tanpa perlu insert data id. Kolom id akan menjadi primary key dimana datanya unik atau tidak ada id yang sama.

Update Table MySQL

Update Table MySQL

Itulah cara singkat membuat database web dengan MySQL. Pemakaian database MySQL dalam web akan dibahas pada tuliasan berikutnya.

Selamat mencoba, semoga sukses.

Leave your comment